Diberdayakan oleh Blogger.

Para pembaca yang Budiman....

Waktu terus berulang, hari demi hari, minggu demi minggu,bulan demi bulan bahkan tahun demi tahun pun berganti, sekarang memsuki bulan suci romadhon, bulan yang penuh dengan kasih sayang Alloh, ampunan Alloh dan keberkahan dari Alloh SWT.

Bulan romadhon saat yang tepat untuk mengubah diri, apa maksudnya ini ?
ya....mengubah diri dalam artian mengubah kearah yang lebih baik, mengubah ke arah yang positif, mengubah ke arah yang produktif dan plus-plus lainnya.

Bukankah hari ini harus lebih baik dari hari kemaren ?
Bukankah bulan ini harus lebih baik dari bulan kemaren ?
Bukankah tahun ini harus lebih baik dari tahun kemaren ?

Jadi, Romadhon tahun ini 2014 harus lebih baik dari romadhon tahun kemaren 2013. lalu, bagaimana cara merubah diri agar lebih baik dari sebelumnya ?
tentunya Anda sendiri lah yang tahu jawabannya.

Dalam setiap bulan romadhon Anda mungkin sring mendengar pak ustadz menyampaikan begini : " Barang siapa yang melakukan puasa di bulan romadhon dengan penuh keyakinan ( iman ) dan ihtisaban (introspeksi diri) maka Alloh akan mengampuni dosa-dosa yang telah lalu dilakukannya"

Pada keterangan hadist tersebut ada kata kunci yang harus kita perhatikan secara serius agar kiranya momen bulan romadhon ini menjadi momen yang tepat untuk mengubah diri menjadi manusia yang berkualitas, menjadi manusia yang diharapkan oleh penciptannya.menjadi manusia yang lebih baik lagi.
kata kunci tersebut adalah Iman dan Ihtisab, Iman adalah keyakinan yang terletak dalam hati kita dan ihtisab adalah tindakan yang merupakan langkah kita untuk melakukan perubahan. dengan kedua komponen tersbut iman dan ihtisab maka akan melahirkan manusia-manusia yang berkualitas, manusia-manusia yang unggul, manusia yang siap untuk menjadi pemimpin, pengelola dan pemakmur bumi ini.

Kata kunci yang patut untuk di perhatikan agar kita menjadi manusia yang lebih baik adalah ihtisab, hisab atau introspeksi diri, mereview ulang apa saja yang telah kita lakukan selama satu tahun kebelakang, karya apa yang telah kita perbuat, sudah sampai mana kita berjalan, hal ini yang perlu di perjelas agar untuk mengubah diri menjadi lebih baik semakin jelas sehingga akan melahirkan langkah-langkah yang jelas pula untuk menuju perubahan kedepannya...

Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan pada kesempatan malam romadhon kali ini, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat untuk Anda yang membaca blog saya ini. saya sangat bahagia apabila pembaca dapat berbagi di blog saya ini, baik saran, pendapat ataupun kritikannya.

Salam Bahagia,

Abu Abdan




Miliki Segera Bukunya :

meraih impian
Dapatkan bukunya di : nulisbuku.com, kategori Pengembangan Diri hal 5 atau klik gambar buku di atas